6.9.09

Kalor - Melebur

ZAT MELEBUR DENGAN SUHU TETAP MEMERLUKAN KALOR
Pada saat zat cair melebur yaitu berubah wujud dari padat menjadi cair memerlukan kalor. Pada tekanan udara normal es berubah wujud dari padat menjadi cair pada suhu 00C. Energi kalor yang diperlukan tidak digunakan untuk menaikkan suhunya, tetapi untuk mengubah wujud zat dari padat menjadi cair. Suhu pada saat zat padat melebur disebut titik lebur. Apabila tekanan udara luar berubah-ubah, maka titik lebur zat juga akan mengalami perubahan. Hal ini dapat ditunjukkan bahwa pada tekanan udara lebih dari 76 cmHg es akan melebur di bawah suhu 0 derajat C.
Titik lebur suatu zat dapat diubah-ubah dengan cara: tekanan ditambah maka titik leburnya turun, tekanan dikurangi maka titik leburnya naik, dan menambahkan ketidakmurnian zat maka titik leburnya turun. Bagaimanakah kamu dapat menjelaskan cara membuat es krim? Mengapa orang pembuat es krim tersebut mencampurkan garam dengan es batu? Garam yang dicampurkan dengan es batu dapat menurunkan suhu es sampai –20 derajat C. Peristiwa ini dapat digunakan untuk mendinginkan air menjadi es pada pembuatan es krim. Turunnya suhu disebabkan garam menurunkan titik lebur es.
Beberapa peralatan sehari-hari yang memanfaatkan sifat kalor, antara lain : rice cooker, pressure cooker, alat pendingin, alat penyulingan air, otoklaf (alat pembunuh bakteri).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar