14.9.09

ENERGI dan DAYA

Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja atau usaha yang bisa menyebabkan terjadinya perubahan

Macam macam bentuk energy
Energi kimia adalah energi yang tersimpan dalam persenyawaan kimia. Contoh dari energy kimia adalah : energy yang terkandung dalam makanan dan dalam minyak bumi. Untuk menghasilkan energy kimia maka selalu diawali dengan reaksi antara atom2 dalam senyawa yang bereaksi. Energy kimia yang ada di bumi ini adalah sebagian besar berasal dari energy matahari. Energy matahari mampu membantu tanaman melakukan fotosintesis yang hasilnya merupakan makanan untuk tumbuhan serta makhluk hidup yang lainnya. Tumbuhan tumbuhan yang telah tumbuh kemudian bisa terkubur di lapisan lapisan kulit bumi, dan menjadi fosil yang setelah bermilyar tahun bisa berubah menjadi minyak bumi.

Energi listrik merupakan salah satu bentuk energi yang paling banyak digunakan. Energi ini dipindahkan dalam bentuk aliran muatan listrik melalui kawat logam konduktor yang disebut arus listrik. Energi listrik dapat diubah menjadi bentuk energi yang lain seperti energi gerak, energi cahaya, energi panas, atau energi bunyi. Seperti pada televise, energy listrik berubah menjadi energy cahaya dan energy bunyi. Sebaliknya, energi listrik dapat berupa hasil perubahan energi yang lain, misalnya dari energi matahari, energi gerak, energi potensial air, energi kimia gas alam, dan energi uap.

Energi panas sering disebut juga energi kalor, merupakan salah satu bentuk energi yang berasal dari partikel-partikel penyusun suatu benda. Setiap benda tersusun oleh partikel-partikel. Jika ada sesuatu yang dapat membuat partikel-partikel ini bergerak, benda tersebut akan menghasilkan energi panas. Contohnya orang dapat membuat api dari kayu kering yang digosok-gosokkan. Kayu-kayu kering yang saling digosokkan akan menimbulkan panas yang dapat membakar bahan-bahan yang mudah terbakar.

Energi Bunyi
bunyi yang dihasilkan dari benda yang bergetar. Ketika benda bergetar, partikel-partikel udara di sekitar benda akan ikut bergetar, partikel-partikel inilah yang menimbulkan bunyi. Dengan demikian, bunyi dapat dihasilkan oleh getaran partikel udara di sekitar sumber bunyi.

Energi Nuklir
Reaksi nuklir terjadi karena reaksi inti di dalam inti radioaktif. Contoh energi nuklir terjadi pada ledakan bom atom dan reaksi inti yang terjadi di Matahari. Energi nuklir dapat digunakan sebagai energi pada Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN). Di Matahari, terjadi reaksi inti fusi yang menghasilkan energi nuklir yang sangat besar sehingga energi ini merupakan sumber energi utama di bumi.

Energi Mekanik
Dalam energy mekanik terdapat dua buah jenis energy yang saling memengaruhi, yaitu energi yang diakibatkan oleh ketinggian dan energi karena benda bergerak. Energi akibat perbedaan ketinggian disebut energi potensial gravitasi, sedangkan energi gerak disebut energi kinetik (energi gerak).
Energi mekanik merupakan penjumlahan dari energy potensial dan energi kinetik. Secara matematis persamaan energi mekanik dapat dituliskan sebagai berikut.







USAHA (W)
Usaha adalah perkalian antara gaya yang bekerja dengan besarnya perpindahan.
Dalam kaitannya dengan energi, usaha merupakan perubahan energi




DAYA (P)
Daya adalah besarnya usaha atau perubahan energi yang terjadi tiap satuan waktu.





Versi cetak dari file diatas bisa di download di link berikut ini:
Energi Dan Daya

Panduan Download: gunakan browser opera atau internet explorer untuk download file tersebut. jika anda sedang browser dengan mozilla maka:
1. klik kanan pada link
2. pilih Copy Link location
3. buka browser opera atau internet explorer
4. paste pada kolom alamat yang dituju

selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar