20.11.09

Persiapan UAN, semakin cepat semakin baik....

Tidak sedikit yang selalu mengeluh tentang ujian nasional, meski diantara mereka ada yang mendapatkan nilai yang baik. Nilai uan matematika 10 merupakan hal yang biasa pada beberapa sekolah. Namun anak anak yang kurang persiapan untuk UAN, mereka pasti beralasan bahwa mereka yang mendapat nilai 10 adalah mereka yang terlahir pandai.
Ga setuju sih sama pendapat ini. Sebenarnya kalau setiap anak mau belajar mempersiapkan diri untuk uan, nilai 10 akan menjadi mungkin sekali. Mereka bisa mendapatkan nilai sepuluh karena mereka tahu jenis soal soal yang ada, serta menguasai bagaimana menyelesaikan soal soal tersebut (kecuali yg bertindak kurang jujur....). Persiapan uan biasannya dilakukan dengan mencoba soal soal uan tahun-tahun sebelumnya, karena soal-soal uan adalah soal yang berulang. Soal-soal tersebut akan dikeluarkan pada tahun-tahun berikutnya(sesuaikan dengan SKL uan), hanya angka atau kalimat dalam menyampaikan soal saja yang diganti. Misalnya soal berikut ini.

Sebuah garis melalui titik (4,3), garis tersebut sejajar dengan sebuah garis yang memiliki gradien 2. Maka persamaan garis tersebut adalah.....

atau bisa ditulis dengan kata kata sebagai berikut.

Garis k sejajar dengan garis l. Garis k mempunyai gradien 3 sedangkan garis l melalui titik (2,3). Persamaan garis l adalah....

Jika kita cermati kedua soal diatas memiliki jenis yang sama, hanya angka dan kalimat yang digunakan saja yang berbeda.

Dari situlah pentingnya mengetahui jenis soal uan pada tahun-tahun sebelumnya (serta cara penyelesaiannya tentunya). Dengan mengetahui soal soal uan tahun sebelumnya serta cara penyelesaiannya dan kemudian dicocokkan dengan SKL untuk uan tahun 2009 tentu akan memudahkan kita mempersiapkan diri untuk uan.

Soal soal latihan buat uan bisa di download di Link berikut ini:
Latihan Soal UAN SMP
Latihan soal IPA 1
Latihan soal matematika 1
Latihan soal Bahasa Inggris 1


Good Luck....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar