2.3.09

Soal Fisika Listrik Statis

  1. Menurut deret tribolistrik, jika emas (Au) digosok dengan wol, maka emas akan bermuatan. . . .
  2. Sebuah benda akan bermuatan positif bila . . . .
  3. Sebuah benda akan bermuatan negatif bila . . . .
  4. Jika di dalam suatu benda terdapat keseimbangan antara jumlah proton dengan jumlah elektron, maka benda tersebut . . . .
  5. Jika dua muatan listrik sejenis didekatkan akan tolak-menolak dan bila tidak sejenis didekatkan akan tarik-menarik. Pernyataan tersebut sesuai dengan hukum . . . .
  6. Pada hukum Coulomb besar gaya tarik atau gaya tolak antara dua muatan berbanding terbalik dengan . . . .
  7. Dua buah muatan yang sejenis dan besarnya sama didekatkan pada jarak d ternyata kedua muatan saling menolak dengan gaya F. Agar gaya tolak menjadi 1/16 kali semula, maka jarak kedua muatan harus diubah menjadi . . . .
  8. Dua buah muatan A dan B yang besar dan sejenis didekatkan pada jarak r sehingga mengalami gaya tolak F. Jika jarak keduanya diubah menjadi setengah dari jarak semula, maka gaya tolak antara dua muatan tersebut menjadi . . . .
  9. Apabila sebuah atom kehilangan sebuah elektron, maka atom itu akan bermuatan
  10. Sebuah contoh isolator yang baik adalah
  11. faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya gaya listrik.
  12. Dua buah benda A danB masing-masing memiliki muatan listrik sejenis 3 nanoC dan 5 nanoC terpisah sejauh 3 cm. Jika k = 9 Giga Nm2/C2, maka hitung gaya tolak antara kedua muatan listrik tersebut.
  13. Besar gaya Coulomb antara dua benda adalah 7 microN. Hitunglah besar kuat medan listrik pada salah satu muatan oleh muatan lain yang besarnya 3,5 nano C.
  14. Terdapat 4 buah benda bermuatan listrik A, B, C, dan D. Benda A dengan B tarik menarik, B dengan C tolak menolak, dan C dengan D tarik menarik. Jika benda A ternyata adalah batang kaca yang telah digosok dengan kain sutera, maka benda muatan masing-masing benda adalah….
  15. Dua buah benda masing-masing bermuatan −8 nano Coulomb dan +6 nano Coulomb berada pada jarak 4 cm satu sama lain. Jika k = 9 Giga Nm2C−2, maka tentukan besar gaya tolak atau gaya tarik kedua benda tersebut.

1 komentar:

  1. bagus...tapi sayang ga bisa ngerajut...

    BalasHapus