8.11.08

Fisika kelas 8 - Hukum Newton

  1. Sebuah gaya F yang berarah ke kanan dan besarnya 8 N dilukiskan dengan diagram vektor yang panjangnya 4 satuan, Lukiskan diagram vektor gaya-gaya berikut ini, F1 = 6 Newton ke kanan, F2 = 10 Newton ke kanan, F3 = –4 Newton ke kiri
  2. Andi dan Budi bersama-sama mendorong sebuah gerobak ke arah kanan. Andi mengeluarkan gaya sebesar 35 N dan Budi mengeluarkan gaya sebesar 25 N, berapakah resultan gaya yang dikeluarkan Andi dan Budi?
  3. Anton mendorong meja ke arah kanan dengan gaya 28 N dan Yudi mendorong meja yang sama ke arah kiri dengan gaya 32 N. Tentukanlah resultan dan arah gayanya!
  4. Sebuah gaya F yang berarah ke kanan dan besarnya 20 N dilukiskan dengan diagram vektor yang panjangnya 4 cm. Lukiskan diagram vektor gaya-gaya berikut ini, F1 = 25 Newton ke kanan, F2 = 15 Newton ke kanan, F3 = 30 Newton ke kiri, F4 = 10 Newton ke kiri
  5. Diketahui gaya F1 = 4 N ke kanan, gaya F2 = 6 N ke kiri, F3 = 8 N ke kanan, dan F4 = 5 N ke kiri. Tentukanlah besar dan arah resultan gaya berikut! (a) F1 + F2, (b) F3 + F4, F1 + F2 + F3, (c) F2 + F3 + F4
  6. Gaya setimbang dapat terjadi pada dua buah gaya yang berlawanan. Nah, jika dua buah gaya tersebut searah, mungkinkah terjadi kesetimbangan? Jelaskan!
  7. Pada sebuah benda bekerja gaya-gaya sebagai berikut: F1 = 8 N (ke bawah), F3 = 13 N (ke kiri), F2 = 9 N (ke atas), F4 = 14 N (ke kanan). (a)Tentukanlah besar dan arah resultan gayanya, (b) Apakah benda berada dalam keadaan setimbang?
  8. Diketahui gaya F1 = 12 N ke kanan, gaya F2 = 8 N ke kiri, F3 = 6 N ke kanan, dan F4 = 10 N. Dengan mengambil skala 2 N dilukiskan dengan panjang 1 cm, lukislah vector-vektor gaya F1, F2, F3, dan F4! Tentukan besar dan arah resultan gaya dari: (a)F1 + F2 + F3, (b) F2 + F3 + F4
  9. Sebuah mesin perahu motor menghasilkan gaya 17.000 N. Berapa percepatan perahu motor jika massa perahu motor 1.000 kg dan total gaya gesekan perahu motor dengan air adalah 1.000 N?
  10. Berilah dua contoh penerapan Hukum I Newton dalam kehidupan sehari-hari!
  11. Sebuah mobil bergerak dengan gaya mesin sebesar 7.500 N dan mengalami percepatan sebesar 7N/kg. Jika gaya gesekan ban mobil dengan jalan sebesar 500 N, tentukan massa mobil tersebut!
  12. Massa sebuah batu di bumi 20 kg. Jika percepatan gravitasi bumi 9,8 N/kg dan percepatan gravitasi bulan seperenam percepatan gravitasi bumi. Berapakah berat batu yang hilang ketika dibawa ke bulan?
  13. Manakah yang lebih besar, berat Ana di kota Solo dengan berat Ana ketika pergi ke Kutub Utara? Jelaskan!
  14. Jika percepatan gravitasi Bumi 9,8 N/kg, hitunglah berat tiap batu yang memiliki massa berturut-turut 5 kg, 15 kg, dan 7,5 kg!
  15. Massa Tina di Bumi 45 kg. Percepatan gravitasi bumi 9,8 N/kg dan percepatan gravitasi bulan seperenam percepatan gravitasi bumi. Berapakah berat Tina yang hilang ketika berada di bulan?
  16. Sebutkan 4 perbedaan antara massa dan berat!
  17. Seorang mendorong sebuah peti seberat 600 N. Pria ini menggunakan sebuah papan dengan panjang 4 m yang digunakan sebagai bidang miring. Jika jarak permukaan tanah dan bak truk 2 m, hitunglah keuntungan mekanis penggunaan bidang miring ini!
  18. Sebuah batu seberat 700 N akan dipindahkan dengan tuas yang panjangnya 2 m. Untuk membuat sistem pengungkit, digunakan sebuah batu sebagai tumpuan. Jika jarak titik tumpu terhadap beban 0,5 m, hitunglah gaya yang diperlukan untuk menggerakkan batu!
  19. Seorang pria akan memindahkan sebuah peti seberat 800 N dari tanah ke dalam truk. Ketinggian bak truk dari tanah adalah 1,5 m. Jika pria tersebut menggunakan sebuah papan dengan panjang 6 m untuk membuat bidang miring, hitunglah: (a) usaha yang dilakukan pria ini jika ia mengangkat secara langsung tanpa menggunakan bidang miring, (b) keuntungan mekanik jika ia menggunakan bidang miring untuk memindahkan peti tersebut!
  20. Sebutkan alat-alat sederhana yang termasuk jenis bidang miring, katrol, tuas, dan gigi roda! Jelaskan pula cara kerjanya!
  21. Resultan dua buah gaya yang arahnya berlawanan dan segaris adalah 14 N. Jika besar gaya yang searah dengan gaya resultan tersebut 26 N, berapakah besar dan arah gaya lainnya?
  22. Massa sebuah batu di bumi 40 kg. Jika percepatan gravitasi bumi 9,8 N/kg dan percepatan gravitasi bulan seperenam percepatan gravitasi bumi, berapakah berat batu yang hilang ketika dibawa ke bulan?
  23. Sebuah batu besar seberat 1.000 N akan digulingkan menggunakan tuas sepanjang 5 m, lengan bebannya 2 meter. Hitunglah besar gaya yang harus diberikan!
  24. Mengapa keuntungan mekanis katrol tunggal tetap lebih kecil daripada keuntungan mekanis katrol tunggal bergerak?
  25. Berilah contoh-contoh pekerjaan sehari-hari yang menggunakan pesawat sederhana!
  26. Seekor kerbau ditarik melalui tali oleh dua orang penggembala dengan gaya masingmasing 60 N dan 40 N. Gambarkan dan hitung resultan gaya dua orang tersebut jika
  27. kedua gaya orang tersebut searah,
  28. kedua gaya orang tersebut berlawanan arah.
  29. Sebuah benda yang beratnya 25 N diangkat ke atas dengan gaya 40 N, seperti pada gambar. Gambarkan gaya yang bekerja pada benda dan hitung resultan kedua gaya tersebut.
  30. Dua orang sedang mengadakan adu tarik tambang. A menarik tambang ke kiri dengan gaya 100 N. Jika keadaan mereka berimbang, hitunglah gaya yang diberikan B. Ke manakah arahnya?
  31. Sebuah batu yang massanya 3 kg digantung pada seutas tali. Hitunglah gaya tegang tali yang timbul akibat batu tersebut.
  32. Sebuah benda yang massanya m kg diletakkan pada telapak tangan. Percepatan gravitasi di tempat itu adalah g m/s2. (a) Hitunglah gaya normal yang dikerjakan pada tangan jika tangan diam, (b) Prediksilah besarnya gaya normal yang akan terjadi pada tangan jika tangan digerakkan ke atas dengan percepatan tertentu, (c)Prediksilah besarnya gaya normal yang akan terjadi pada tangan jika tangan digerakkan ke bawah.

1 komentar:

  1. Gabriel Marella29 Agustus 2012 07.25

    ini mana kunci jawabannya? ga ada soal yg rada susah gitu?

    BalasHapus