30.8.09

SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA

Untuk kelangsungan hidupnya manusia memerlukan darah untuk media pengankutan berbagai bahan yang dibutuhkan tubuh. Seperti cairan pada umumnya darah juga membutuhkan alat untuk peredarannya. Salah satu peralatan paling penting dalam peredaran darah adalah jantung.



Jantung Manusia


Peredaran darah dalam tubuh kita terbagi menjadi dua bagian , yaitu peredaran darah besar dan peredaran darah kecil. Peredaran darah besar merupakan peredaran darah dari jantung menuju ke seluruh tubuh. Peredaran darah ini saat keluar dari jantung darah membawa oksigen yang salah satu fungsi oksigen tersebut digunakan untuk optimalisasi organ tubuh.

Setelah darah mengedarkan osigen ke seluruh tubuh, darah kembali ke jantung, kemudian darah dipompa ke paru-paru, di paru- paru darah mengambil oksigen. Peredaran darah dari jantung ke paru-paru disebut dengan peredaran darah kecil.


Selain jantung peralatan peredaran darah kita adalah pembuluh pembuluh darah. pembuluh-pembuluh ini berfungsi seperti layaknya pipa. Seperti pipa yang digunakan dalam sirkulasi cairan, pipa terbagi menjadi pipa utama dan cabang-cabangnya. Demikian juga dengan darah. pembuluh darah juga beragam ukurannya. beberapa pembuluh antara lain: Vena, Arteri, dan pembuluh kapiler.






Darah manusia digolongkan ke dalam beberapa jenis, A, B, O, dan AB. dalam pemberian (donor) darah terdapat aturan tertentu. Golongan darah O bisa memberikan darahnya kepada seluruh jenis golongan darah, namun golongan darah O hanya bisa menerima dari golongan darah O sedangkan golongan darah AB bisa menerima dari seluruh golongan darah yang lain.

Mengingat darah sangat penting dalam kehidupan manusia, maka jika kita kehilangan banyak darah bisa mengakibatkan kematian. Tuhan Yang Maha Luas IlmuNya pun mensifati darah dengan kemampuan membekukan diri, jika terjadi luka.

Darah yang terlihat merah sebenarnya terdiri atas beberapa bagian, yaitu sel darah merah, sel darah putih serta trombosit

1 komentar: