25.7.08

Observatorium

Observatorium adalah bangunan tempat para ahli astronomi mengadakan penelitian terhadap perilaku benda-benda angkasa seperti matahari, bulan, bintang, dan planet. Bangunan tersebut bentuk atasnya seperti kubah. Dibawah kubah terdapat lensa yang digunakan untuk meneropong benda di angkasa yang akan diteliti. Salah satu observatorium yang memiliki lensa besar terdapat pada observatorium Palomar San Diego. Terdapat dua jenis observatorium, observatorium yang menggunakan lensa dan observatorium yang menggunakan radio

Sejarah Observatorium
Observatorium yang paling sederhana adalah STONEHENGE, sebuah bangunan yang digunakan oleh penduduk Inggris, pada tahun 1800 SM, untuk mengamati benda di angkasa.
Kemudian pada tahun 300 M, bangsa Maya(suku Indian Amerika Tengah) telah membuat kalender yang akurat, berdasarkan pengamatan benda-benda angkasa.
Tahun 1675 di Inggris dibangun observatorium yang menggunakan teleskoop, tepatnya di Greenwich. Observatorium ini dikenal dengan Observatorium Greenwich. Dari observatorium ini diamati kedudukan benda-benda di langit yang bermanfaat bagi pelaut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar