22.4.13

Kartini Day

Untuk merayakan hari Kartini di sekolah, hari ini semua petugas upacara, termasuk pembina adalah perempuan. Bahkan ketika apel siang petugas penjemput pembina apel, pemimpin, atau pembina apel juga perempuan. Kalau peringatan Hari Kartini di skul saya dirayakan hari ini, saya sudah merayakannya kemarin - dengan episode "What a day"
Banyak hal yang saya kerjakan kemarin. Rasanya saya benar benar merasakan efek emansipasi, mulai dari melakukan pekerjaan yang lazimnya dikerjakan para perempuan, sampai pekerjaan yang lazimnya dikerjakan oleh para lelaki.

Dimulai ketika saya masih mengantuk, karena efek insomnia akhir pekan, tiba tiba saya harus bangun pagi gara gara pompa air rusak, ternyata kabelnya ada yg putus - ya... dibetulin dulu, sambung dulu yg putus, sambil masih mengantuk dan akhirnya pompa air bisa berfungsi normal.
Lanjut tidur bentar, dan dibangunin lagi. Kucing pesenan ibukku datang dan akhirnya ke pasar beli makanan kucing plus kardus buat tempat kucing.
Gak jadi ngantuk karena lihat kucing kucing kecil dan diajak sarapan pagi. Masih sarapan, eh kucingnya main-main di antara pot-pot kaktus akhirnya kaktus lepas dari potnya - dan saya harus ganti pot kaktus.
Selesai ganti pot kaktus, tiba tiba ibukku ngingetin, kalau dinamo mesin obras ibukku belum terpasang, karena dua minggu yang lalu yang lama rusak dan akhirnya beli baru. Jadilah kemudian saya memasang dinamo mesin obras sampai gobyos(keringat bercucuran), masangnya dinamo mudah, namun yang susah adalah melubangi meja mesin untuk baut(skrup). Karena dirumah tidak ada bor, akhirnya pakai paku.
Jam 14.00-15.30 ISHOMA,
Selesai ISHOMA, berlanjut dengan menanam bunga, tapi harus mindah pot dulu dari belakang rumah ke samping rumah. Potnya dari bambu, sebelumnya pot itu digantung di pohon mangga belakang rumah, ditanami bayam dan kangkung, tapi karena tanamannya habis dimakan sama ayam, akhirnya potnya dimanfaatkan untuk menanam bunga. Waktu ngangkat pot bambu dibantuin sama bapak, tp waktu mau masang gantungannya, bapak malah pergi, dan bilang 'ni bapak mau buang sampah' - "lha kok saya ditinggal sih...."
Akhirnya ya saya pasang sendiri,  tanpa tang kawat gantungan pot saya bengkokkan (bagaikan Mr limbad...wkwkwk)
Ketika masih menggantung pot, kucing kucing kecil itu ikut bermain diantara pot pot bunga dan dengan santainya duduk dan bermain sambil menggigit daun tanaman pontederia di pot yang airnya hampir habis akhirnya - ganti pot lebih besar, biar genangan airnya tetep ada, dan kucing kecilnya ga maen maen lagi diatasnya.
aku mengira hari itu sudah selesai ketika azan magrib dan aku segera mandi, namun ketika selesai mandi....  "benang di mesin jahit ruwet, nti betulin ya...."
-
- ya tak benerin biar gak ruwet....
Akhirnya.... tepat setelah benang mesin jahit sudah gak ruwet lagi dan mesin jahit bisa berjalan normal.....
Ada bingkisan nasi sayur kluwih, urap-urap plus ayam bakar - just for me
ALHAMDULILLAH......
Rasanya tanggal 21 April 2013 merupakan peringatan Hari Kartini bagi saya. Bukan dengan memakai kebaya, namun dengan melakukan berbagai hal, dimana kesetaraan gender bisa diterapkan. Membuktikan bahwa sebenarnya perempuan bisa melakukan hal-hal yg lazimnya dilakukan oleh laki laki tanpa harus meninggalkan kodratnya sebagai perempuan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar